Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika (Wajib)
Satuan Pendidikan : SMK
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 24 Jam
Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun,
responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada
tingkat teknis, spsesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan
teknologi, seni budaya, dan humaniora dalam konteks pengembaangan potensi diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat, nasional,
regional, dan internasional.
KI 4: Melaksanakan
tugas sepsifik dengan menggunakan alat, informasi dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Matematika.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri kolaboratif komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melakasanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar, dan
logaritma dalam menyelesaikan masalah.
4.1 Menyajikan penyelesaian masalah bilangan
berpangkat, bentuk akar, dan logaritma.
C.
Indikator
1.
Menjelaskan konsep bilangan berpangkat.
2.
Menjelaskan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat.
3.
Menjelaskan pengertian bentuk akar dan operasi pada bentuk akar.
4.
Menjelaskan pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, dan
persamaan logaritma.
5.
Menyelesaikan masalah bilangan berpangkat, bentuk akar, dan
logaritma.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan konsep
bilangan berpangkat.
2. Siswa mampu
menjelaskan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat.
3. Siswa mampu
menjelaskan pengertian bentuk akar dan operasi pada bentuk akar.
4. Siswa mampu
menjelaskan pengertian logaritma, sifat-sifat logaritma, dan persamaan
logaritma.
5. Menyelesaikan
masalah bilangan berpangkat, bentuk akar, dan logaritma.
E.
Materi Pembelajaran
Bentuk pangkat, akar, dan logaritma
F.
Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran : Realistik
2.
Strategi Pembelajaran : Penemuan
3.
Metode Pembelajaran : Observasi, tanya-jawab, diskusi, penugasan
G.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Uraian
Kegiatan
|
Pendahuluan
|
·
Guru memulai pelajaran
dengan bertanya kepada siswa mengenai materi yang akan diajarkan hari ini.
· Selanjutnya guru memotivasi siswa agar bisa tertarik dengan materi yang
akan diajarkan.
|
Inti
|
Mengamati
·
Membaca mengenai konsep bentuk-bentuk bilangan
berpangkat, sifat-sifat operasi aljabar pada bilangan berpangkat, dan masalah
nyata yang terkait dengan bentuk pangkat.
·
Membaca mengenai pengertian bentuk akar dan
masalah nyata yang terkait dengan bentuk akar.
·
Membaca mengenai pengertian logaritma,
sifat-sifat logaritma, dan masalah nyata yang terkait dengan logaritma.
Menanya
·
Membuat pertanyaan mengenai bentuk-bentuk
bilangan berpangkat dan sifat-sifat operasi aljabar pada bilangan berpangkat.
·
Membuat pertanyaan tentang pengertian bentuk
akar dan cara menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bentuk akar.
·
Membuat pertanyaan tentang pengertian
logaritma, sifat-sifat logaritma, dan cara menyelesaikan permasalahan yang
berkaitan dengan logaritma.
Mengumpulkan informasi
·
Membahas pengertian dan sifat-sifat bentuk
pangkat, akar, dan logaritma.
·
Menemukan
dan membahas bentuk-bentuk bilangan berpangkat dan sifat-sifat operasi
aljabar pada bilangan berpangkat melalui pemecahan masalah.
·
Menemukan dan membahas operasi pada bentuk
akar melalui pemecahan masalah.
·
Menemukan
dan membahas persamaan logaritma sederhana melalui pemecahan masalah.
Mengasosiasikan
·
Menganalisis
dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar,
dan logaritma.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan pengertian, sifat-sifat, dan
menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
|
Penutup
|
·
Guru menyuruh siswa
untuk merangkum materi yang telah diberikan.
·
Selanjutnya Guru
menyuruh siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam modul
pembelajaran.
·
Guru dan siswa
melakukan refleksi diri dan menyimpulkan materi apa saja yang telah dipelajari.
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
Tugas
· Mencari dan membaca permasalahan
yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai bentuk
pangkat, akar, dan logaritma.
Portofolio
·
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian
membuat refleksi diri.
Tes Tertulis
· Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian
masalah sederhana yang terkait dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
I.
Contoh Instrumen untuk Penilaian
J.
Sumber Belajar
1.
Buku Teks Pelajaran Matematika Wajib kelas X.
2.
Buku referensi dan artikel yang sesuai.
3.
Internet.
........................... 20 ......
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
................................................
................................................
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar